Bikin NPWP? GAPAKE LAMA!

Yap Yap Yap

Been a long timeeee gue gak nyoret-nyoret ini blog hahaha maklum ‘sempet’ sibuk sist LOL

Jadi, ada apa dengan cerita gue kali ini?

Yaa sesuai judul yang pasti. Ada keterkaitannya dengan NPWP.

Apa itu NPWP?

NPWP adalah singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak.

NPWP adalah nomor yang diberikan kepada wajib pajak (WP) sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.

source: NPWP

Kenapa kita HARUS punya NPWP?

Katanya sih 

  1. Sebagai sarana dalam hal adminisitrasi perpajakan.
  2. Menjaga ketertiban dalam hal pembayaran dan pengawasan administrasi perpajakan.
  3. Menjadi salah satu persyaratan untuk mendapatkan pelayanan umum, seperti kartu kredit bank, paspor, dan persyaratan pegawai untuk beberapa instansi.

Kira-kira ente pada ngerti gak maksudnya gimana? Gue sih enggak paham-paham banget HAHAHA

Intinya sih, gue pribadi bikin karena “kewajiban” sebagai salah satu karyawan swasta (saat itu).

Dimulai dari nyari-nyari info di Google, terus dapet deh info kalo KPP Pratama untuk wilayah rumah gue itu ada 3 KPP Pratama. Pas itu gue belom begitu paham (sebenernya males nyari info juga wkwk). Apakah sama aja atau beda KPP Pratama tersebut untuk tiap wilayah Jakarta Selatan (rumah gue). Buat nyari tau, gue dateng dulu aja ke yang terdekat yaitu KPP Pratama yang ada di daerah Radio Dalam.

Pas udah sampe sana, gue masuk dan di frontdesk ada mbaknya gitu. Dia nanya keperluan gue.

Gue : Iya mbak, saya mau bikin NPWP.

Mbaknya : Untuk KTP-nya wilayah mana ya mbak?

Gue :  Di sana mbak.

Mbaknya : Yah maaf mbak, kalo untuk sana KPP-nya bukan disini mbak, tapi di yang kedua mbak. Di Ciputat.

(WADUH, dugaan gue bener)

Gue : Yah jadi gabisa bikin disini ya?

Mbaknya : Iya mbak gabisa. Ini nanti mbak isi data diri aja sama lampirin fotokopi KTP terus ini alamatnya ya mbak (sembari nulis alamat di post it).

Gue : Oh, oke mbak. Makasih ya.

Mbaknya : Iya mbak, sama-sama 🙂

***

Singkat cerita, setelah melewati gunung dan lembah, gue akhirnya sampai di KPP Pratama yang berada di daerah Ciputat itu.

Dari luar udah keliatan bagus sih. Dan setelah gue parkir, gue langsung masuk. Begitu ada didalem, tempatnya lumayan bagus. Sesuailah selayaknya “tempat pelayanan”. Terus udah banyak yang duduk gitu, nunggu antrian. Tapi kayanya itu antrian buat tax amnesty sih sotoy.

Setelah gue ngisi data diri dan ngelampirin fotokopi KTP, ohiya! Sampe lupa, setelah lo masuk jangan lupa langsung ambil nomor antrian ya. Nanti itu terbagi 2 (seinget gue) ada yang buat NPWP ada yang buat ngurus lain-lain gitu. Nah lo langsung aja ambil yang buat NPWP.

Gue dapet nomor urut antrian 011. Lumayanlah ya gak banyak karena di antrian gue udah nomor 010. Setelah gue ngisi data diri dan ngelampirin fotokopi KTP, gak lama gue langsung dipanggil. Dan gue bilang mau bikin NPWP.

Gue kira prosesnya bakal lama ya, kaya yang ada di sebagian blog-pengalaman orang-orang. Ternyata…………….mungkin cuma sekitar 5 sampai 10 menit, langsung jadi deh. Serius!

Ya, nanti kita disuruh ngisi atau nanti kan dikoreksi tuh sama petugasnya, nanti kita tinggal isi-isi aja. Terus gak lama, langsung jadi itu kartu NPWP sama ada surat keterangannya gitu. Dan dijelasin juga sama petugasnya kalo tiap tahun nanti kita nyerahin SPT dari kantor (untuk yang bekerja sebagai pegawai/karyawan) ke KPP Pratama itu… 

Karena kan pajak kita udah dipotong dari gaji kan, otomatis kantor kita yang bayar.

Dan saat itu gue sih disuruh bulan Februari dateng lagi kesana buat nunjukin atau nyerahin SPT-nya. Btw gue bikin NPWP-nya bulan November.

Setelah semua selesai………

Gue : (lagi baca-baca surat keterangan sama merhatiin kartu NPWP punya gue sambil lirik-lirik ke petugasnya yang masih berkutat dengan kertas-kertas), (dalam hati; ini masih ngapain lagi ya..udah selesai belom ya)

Petugas : udah mbak, udah selesai. (Seakan si ibu petugas membaca hati gue)

Gue : ooh, udah toh. Oke bu, makasih ya bu. (Sambil tengsin dikit gitu 😂)

Petugas : iya, sama-sama

The End.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s